Rabu, 28 Oktober 2009

28 Oktober, Penerimaan CPNS Digelar

JAMBI - Kabar gembira para peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Jambi. Jika tak ada aral melintang tanggal 28 Oktober 2009 mendatang, akan dilaksanakan pemerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penerimaan CPNS ini akan dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota se provinsi Jambi.

“Pembukaan lowongan mulai 28 Oktober hingga 11 November,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Jambi, M Ichsan menjawab pertanyaan koran ini kemarin.

Tak hanya itu, dia menyebutkan untuk pelaksanaan ujian nantinya akan digelar pada tanggal 29 November 2009. Lokasi ujiannya akan digunakan stadion KONI dan sekolahan di kota Jambi.

‘’Pada pelaksanaan ujian saat ini, kita menerima sebanyak 379 CPNS umum. Ini terdiri dari tenaga tekhnis dan tenaga guru dan kesehatan,’’ terangnya.

Sedangkan untuk formasi pendidikan terendah adalah Sekolah Menengah Farmasi (SMF) dan Sekolah Perawat Gigi (SPRG).

“Formasi pendidikan terendah adalah SMF dan SPRG,” ucapnya.

Ketika ditanyakan berapa jumlah formasi tersebut, dirinya tidak begitu ingat namun yang pasti pasti formasi tersebut ada. “Saya kurang ingat, kalau tidak salah tiga,” ujar Ichsan.

Selain itu, yang untuk formasi yang terbesar menurutnya masih didominasi oleh guru dan tenaga kesehatan. Disebutkannya, lamaran dikirim melalui pos, dan lamaran yang diterima paling lambat tanggal 11 stempel cap pos.

“Kita menerima lamaran terakhir yang stempel posnya 11 November,” tegasnya.

Ditentukannya pelaksanaan penerimaan PNS dan tes tersebut setelah terlebih dahulu diadakan rapat di provinsi yang juga dihadiri oleh seluruh BKD Kabupaten/kota.

‘’Pelaksanaan tes di kabupaten/kota dalam propinsi Jambi dilaksanakan secara serentak pada hari yang sama,” terangnya.

Pelaksanaan tes, menurutnya dilaksanakan secara transfaran, dimana untuk pengoreksian akan dilakukan oleh pihak Universitas Indonesia.

“Tidak ada yang namanya titipan, yang menentukan lulus atau tidaknya setelah dikoreksi pihak UI,” sebutnya.

Sedangkan untuk persyaratannya, dirinya menyebutkan tidak ada perbedaan dengan tahun tahun yang lalu. ‘’Lihat saja langsung di Kantor Walikota Jambi, agar lebih jelas,’’ pungkasnya.

Dari Sarolangun dilaporkan, daerah itu menerima sebanyak 336 formasi untuk pelamar umum. Sedangkan sisanya, menurut Sekda diperuntukan bagi formasi Sekretaris Desa (Sekdes). ‘’Mengenai tekhnis penerimaan CPNS, seperti tahun sebelumnya para pelamar silakan dengan membuat permohonan CPNS serta persyaratan dan dikirim via pos,’’ jelas Sekda Sarolangun, Basyari.

Selain itu, katanya lagi, penerimaan CPNS akan diumumkan di media massa agar seluruh masyarakat mengetahui dengan jelas.

Dari Tebo juga dilaporkan, sesuai SK MenPAN adalah sebanyak 316 formasi yang akan diterima tahun ini. Sebanyak 256 untuk pelamar umum, untuk guru sebanyak 136, tenaga kesehatan 78 dan tenaga teknis 42 orang. Sementara dari 316 itu juga didalamnya termasuk sisa honorer 49 dan jatah Sekdes 11 orang untuk tahun 2009.

Sementara untuk formasi tekhnis yang banyak diterima adalah jurusan ekonomi dan akuntansi. Sedangkan untuk formasi kesehatan adalah perawat dan bidan. Sedangkan untuk tamatan SMA tahun ini ditiadakan.

Berikutnya, dari Bungo juga dilaporkan jadwal seleksi administrasi (bahan) 19 November dan tanggal 23 November pengambilan nomor tes bagi CPNS yang lulus seleksi bahan untuk mengikuti ujian tertulis.

”Untuk pengumuman kelulusan ditetapkan pada tanggal 9 Desember 2009,” ujar Kepala BKD Bungo Harmain.

Sebelumnya dibeberkan Harmain, pendaftaran bagi pelamar di Kabupaten Bungo yang berminat melamar CPNS bahan lamaran disampaikan melalui kantor pos Muarabungo dan untuk penentuan kelulusan ditentukan berdasarkan hasil ujian tertulis yang diperiksa di pusat melalui sistem komputerisasi.

”Kewenangan kabupaten adalah seleksi administrasi (bahan). Dan untuk seleksi administrasi ini dilakukan secara objektif melalui sistem komputerisasi. Jadi tidak ada bisa direkayasa. Bila bahan pelamar tidak lengkap ataupun formasinya tidak sesuai maka secara otomatis akan ditolak dan tidak diterima oleh pemeriksaan komputerisasi yang telah diprogram dari pusat tersebut,” ujar Harmain lagi.

Dikatakannya bagi pelamar yang berminat untuk melamar menjadi CPNS, maka persyaratan yang harus dilampirkan nanti adalah surat permohonan dari pelamar yang ditandatangani oleh pelamar dengan bermaterai 6.000, fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, pasphoto hitam putih 3 x 4 sebanyak 4 lembar dan fotokopi KTP yang berlaku seluruh Indonesia.

Saat ditanya berapa jatah Pemkab Bungo yang diberikan pusat dalam penerimaan CPNS tahun 2009 ini serta formasi apa saja yang diterima dan yang tidak diterima.

Menurutnya dalam penerimaan CPNS untuk formasi umum tahun 2009 ini, Kabupaten Bungo mendapat jatah cukup banyak yakni sebanyak 308 orang yang akan diterima. Dan pada penerimaan CPNS kali ini ada sejumlah formasi yang tidak diterima hal itu berdasarkan surat Menpan nomor 255/P/M PAN/9/2009 tertanggal 9 September 2009 yang ditandatangani Menpan RI, Taufik Efendi yaitu selain tamatan SMA juga yang tidak diterima tamatan D.II Olahraga, D.III Olahraga dan D.II Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sedangkan untuk D.II PGSD murni dan D.II PGSD berdasarkan formasi dari Menpan tersebut masih diakomodir ataupun diterima.

Selain menerima sejumlah formasi guru dan medis juga cukup banyak diterima formasi tenaga tekhnis seperti S.1 Hukum, S.1 Ekonomi, S.1 Pertanian, S.1 Komputer, S.1 Tekhnik, S.1 Sarjana Agama non tadris dan sebagainya.

”Yang jelas yang diterima tamatan D.III keatas, hal itu sudah keputusan dari Menpan untuk Kabupaten Bungo,” tandas Harmain

Dari Sungaipenuh juga dilaporkan bahwa kota Sungaipenuh akan merekrut sebanyak 353 orang CPNS diantaranya tenaga tekhnis, tenaga kesehatan dan guru.

“Sebagai daerah baru, Kota Sungaipenuh masih banyak membutuhkan pegawai, tapi untuk tahun ini kita akan menerima sebanyak 353 CPNS, dengan status pendidikan serendahnya DII dengan kata lain tamatan SMA tidak diakomodir,” jelas Kepala BKD Kota Sungaipenuh, Neli.

Sama seperti tahun yang telah sudah di Kabupaten maka untuk memasukan lamaran khusus untuk Pemkot Sungaipenuh juga dilakukan via pos.

“Memang betulm pengiriman berkas surat lamatan melalui jasa pos,” ungkapnya.

Demikian pula sebaliknya untuk Kabupatan Kerinci waktu penerimaannya CPNS

dipastikan juga akan dilakukan 28 Oktober 2009 ini serentak dengan kabupaten dan Kota se Provinsi.

(ika/fah/ril/akz/wdo)

Sumber : www.jambiekspres.co.id

1 komentar:

Penerimaan CPNS 2014 mengatakan...

Terimakasih infonya ya :)
informasi CPNS dan lowongan Kerja terbaru dapat dilihat di: http://pendaftaran-cpns.blogspot.com/

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Terimaksih untuk anda yang bersedia meninggalkan komentar anda